Jurusan UIN Sunan Gunung Djati (UIN Bandung)

Jurusan UIN Sunan Gunung Djati (UIN Bandung) - Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN Bandung) merupakan universitas yang telah berdiri sejak tahun 1968. Pada awalnya, nama universitas ini adalah IAIN Sunan Gunung Djati. Namun, pada tahun 2005, universitas ini berubah namanya menjadi UIN Sunan Gunung Djati. Apabila Anda tertarik untuk kuliah di kampus ini, Anda harus tahu semua hal tentang kampus ini agar nantinya Anda tidak kecewa.


Jurusan-Jurusan Kuliah di UIN Bandung

UIN Bandung adalah sebuah universitas besar. Sekarang ini, terdapat sekitar 18.000 mahasiswa aktif yang menempuh pendidikan di universitas tersebut. Setiap tahunnya, kampus Islam ini menerima ribuan mahasiswa baru. Daya tampung UIN Bandung ini sekitar 6.000 mahasiswa setiap tahun ajaran baru. 

Mahasiswa tersebut tersebar ke 8 fakultas, dengan total 45 program studi uin bandung. Berikut ini daftar 8 fakultas yang ada di kampus ini.

1. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Bandung

Fakultas Sains dan Teknologi atau yang terkadang disebut Fakultas Saintek ini adalah fakultas yang mempunyai 7 jurusan. Jurusan UIN Bandung Saintek tersebut adalah Biologi, Matematika, Fisika, Kimia, Agroteknologi, Teknik Informatika, dan Teknik Elektro.

2. Fakultas Adab dan Humaniora UIN Bandung

Di fakultas ini, terdapat empat jurusan. Jurusan yang ada di Fakultas Adab dan Humaniora ini adalah Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, D3 Bahasa Inggris, dan Sastra Inggris.

3. Fakultas Psikologi UIN Bandung

Fakultas ini hanya mempunyai satu jurusan, yaitu Jurusan Psikologi. Peminat jurusan ini cukup banyak sehingga saingannya cukup ketat.

4. Fakultas Syariah dan Hukum UIN Bandung

Bagi Anda yang tidak familiar dengan kampus Islam dan tidak berasal dari madrasah atau SMU Islam, beberapa nama jurusan di Fakultas Syariah dan Hukum ini mungkin terdengar asing. Anda mungkin juga tidak mengetahui arti nama-nama jurusan tersebut. 

Ada 7 jurusan di fakultas ini. Jurusan tersebut Mu’amalah, Ahwal Al-Syakhshiyah (Hukum Keluarga), Siyasah (Hukum Tata Negara), Hukum Pidana Islam, Perbandingan Madzhab dan Hukum, Ilmu Hukum, dan Manajemen Keuangan Syariah.

5. Fakultas Ushuluddin UIN Bandung

Fakultas Ushuluddin adalah fakultas yang jurusannya berkaitan dengan pokok-pokok agama. Jurusan yang ada di fakultas ini adalah Perbandingan Agama, Aqidah dan Filsafat Islam, Ilmu Hadits, Ilmu Alquran dan Tafsir, serta Tasawuf Psikoterapi.

6. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Bandung

Di Fakultas ini, ada berbagai jurusan yang dapat Anda pilih. Jurusan tersebut adalah Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, serta Pendidikan Guru MI.

7. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Bandung

Jurusan yang ada di fakultas ini hanya ada empat. Mereka adalah Administrasi Negara, Ilmu Politik, Sosiologi, dan Manajemen.

8. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung

Di Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdapat Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan Konseling Islam, Ilmu Komunikasi, Pengembangan Masyarakat Islam, dan Manajemen Dakwah. Diantara jurusan tersebut, yang paling favorit adalah Ilmu Komunikasi serta Komunikasi dan Penyiaran Islam

Beberapa jurusan di kampus ini adalah adalah jurusan favorit dengan persaingan ketat untuk memasukinya. Akan tetapi, ada juga program studi yang tidak terlalu populer. Kuota UIN Bandung sepi peminat dapat dilihat di Jurusan Ilmu Politik, Fisika, Kimia, dan Matematika.

Secara keseluruhan, Universitas Sunan Gunung Djati ini memperoleh akreditasi B dari BAN-PT. Meski demikian, akreditasi jurusan UIN Bandung tidak semuanya B. Ada beberapa jurusan yang terakreditasi A. Jurusan tersebut adalah:
- Perbandingan Madzhab dan Hukum, 
- Pendidikan Matematika, 
- Pendidikan Bahasa Arab, 
- Pengembangan Masyarakat Islam, 
- Sastra Inggris, 
- Manajemen Pendidikan Islam, 
- Komunikasi dan Penyiaran Islam, 
- Manajemen Dakwah,
- Ilmu Alquran dan Tafsir,
- Ahwal Syahsiyyah,
- Hukum Pidana Islam.
- Aqidah dan Filsafat Islam,
- Ilmu Hukum,
- Siyasah,
- Bimbingan dan Konseling Islam,


Biaya UIN Bandung

Biaya kuliah di UIN Bandung bisa dikatakan cukup terjangkau. Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang paling rendah adalah Rp1.387.000,00 dan yang paling tinggi adalah Rp1.637.000,00. Biaya tersebut bergantung pada jurusan yang di ambil.

Apabila Anda merasa bahwa biaya kuliah tersebut terlalu membebani, Anda dapat mencoba meringankannya dengan mencari beasiswa. Beasiswa UIN Bandung ada bermacam-macam. Beasiswa tersebut adalah beasiswa Djarum, Bidikmisi, Supersemar, Bank Indonesia, Prestasi Akademik Non Akademik, Bawaku, Tahfidz, dan Pemprov.


Jalur Masuk UIN Bandung

Apabila Anda tertarik untuk kuliah di UIN Sunan Gunung Djati, Anda tentu harus mencoba mendaftar ke kampus ini. Ada lima jalur masuk yang dapat Anda coba. Mereka adalah SNMPTN, SBMPTN, SPMB Mandiri, SPAN PTKIN, dan UMPTKIN. Waktu pendaftaran dan seleksi kelima jalur masuk tersebut biasanya tidak bersamaan. Jadi, bila Anda tidak diterima melalui jalur yang satu, Anda dapat mencoba melalui jalur yang lain.

UIN Sunan Gunung Djati berlokasi di Cibiru, Bandung. Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang jurusan, biaya, atau pendaftaran ke universitas ini, Anda dapat langsung mendatangi alamat kampus ini. Selain itu, Anda juga dapat mengetahuinya melalui website resmi kampus ini.

Baca juga => SOAL UMPTKIN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel